MEDIA INFORMASI DAN ILMU PENGETAHUAN

17 Apr 2012

Joko Widodo (Jokowi)

Pagi ini tanpa sengaja saya melihat salah satu berita infotainment, salah satu beritanya adalah ulang tahun grup slank. Tapi bukan itu yang saya tangkap, tetapi ada satu hal yang terselip dari wawancara personil slank yaitu tentang kunjungan salah satu calon DKI 1 atau Gubernur DKI Jakarta. Beliau adalah sosok Joko Widodo yang lebih dikenal dengan nama Jokowi. Jokowi yang lahir di Surakarta, 21 Juni 1961 adalah Walikota Kota Surakarta (Solo) untuk dua kali masa bakti 2005-2015  pertama kali saya dengar ketika tanpa sengaja saya membaca salah satu artikel di intenet tentang "Kontroversi Perobohan Saripetojo". Ketika membaca perlahan-lahan, terkagum-kagum di pikiran saya sosok seorang yang rendah hati tanpa ada rasa sakit hati dalam dirinya, walaupun sebagai manusia hal seperti itu belum tentu bisa diterima semua orang. Itulah yang mendasari untuk pertama kalinya saya meng-idolakan sosok Jokowi yang medapatkan gelar Insinyur dari Fakultas Kehutanan Universitas Gajah Mada tahun 1985. Hal kedua yang membuat hati saya tetap mengidolakan Jokowi yang memulai usahanya sebagai pedagang mebel rumah ini adalah ketika keterlibatan Jokowi sebagai sosok pejabat yang terlibat langsung untuk mempromosikan mobil esemka yang di gadang-gadang sebagai mobil nasional. Hampir disetiap berita yang saya tontonin yang berhubungan dengan mobil esemka selalu terlihat Jokowi dengan semangatnya untuk mobil esemka.
Dan hal terakhir yang membuat saya selalu mencari tahu sosok Jokowi yang menyukai musik rok ini adalah ketika Jokowi dicalonkan untuk menjadi calon Gubernur DKI Jakarta dari partai PDI Perjuangan. Begitu senangnya saya mendengar pencalonan itu sampai-sampai setiap berita yang bergubungan dengan calon-calon Gubernur DKI Jakarta, saya selalu menunggu tentang pemberitahuan sosok Jokowi. Dengan semangat kemeja kotak-kotak, saya sangat berharap Jokowi yang sering menggunakan pendekatan "budaya timur" terhadap segala persoalan kota yang dipimpinnya dapat terpilih dan menjadi Gubernur DKI Jakarta dan dapat memberikan terobosan-terobosan yang membuat Jakarta lebih baik lagi kedepannya.